teknisi jaringan komputer

Beranda » Computer Security » Bangun Server Komputer, Pakai Ubuntu Server Aja

Bangun Server Komputer, Pakai Ubuntu Server Aja

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Bangun Server, Pakai Ubuntu Server Edition Dong

Ubuntu juga menawarkan sistem operasinya dalam edisi server. Pembaruan akan meliputi fitur baru hardware komputer, pembaruan keamanan, dan pembaruan ubuntu stack (software cloud computing).(cloud computing infrastructure) pada tiap-tiap rilisnya.

Ubuntu menggunakan modul keamanan AppArmor untuk Linux Kernel yang pada standarnya dinyalakan oleh kunci paket software, dan firewall sudah dikembangkan dari servis yang digunakan sistem operasi. Direktori home dan private directories juga dienkripsi. Ubuntu Server Edition umunya telah menyertakan berbagai paket untuk kebutuhan server seperti MySQL Server, Tomcat, Open JDK, Samba, Nagios, PHP, Pyton. Kebanyakan dari servis tersebut hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk dikonfigurasi.

ubuntu-server

Ubuntu Server Edition saat ini telah mendukung arsitektur Intel x86 dan AMD64. Edisi server menyediiakan fitur seperti file/print services, web hosting, email hosting, dll. Ada beberapa perbedaan antara edisi server dan edisi desktop walaupun keduanya menggunakan repositori apt yang sama. Perbedaan utamanya adalah, pada edisi server “X window environment” tidak diinstall secara standar, walaupun antarmuka grafik dapat diinstall secara manual seperti Ubuntu desktop. Artinya, edisi server memiliki user interface yang bukan graphic. Server Ubuntu juga didistribusikan secara gratis dam bebas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 44,903 hits

My FB

%d blogger menyukai ini: