teknisi jaringan komputer

Beranda » Computer Security » Membangun Koneksi Network Jarak Jauh Melalui Internet Secara Aman Dengan OpenVPN

Membangun Koneksi Network Jarak Jauh Melalui Internet Secara Aman Dengan OpenVPN

OpenVPN… Apa dan bagaimana..?
OpenVPN adalah software open source untuk Virtual Private Networking (VPN) yang cross platform, dimana aplikasi tersebut bekerja membuat koneksi point-to-point tunnel yang telah terenkripsi. OpenVPN menggunakan private keys, certificate, atau username dan password untuk melakukan authentikasi dalam membangun sebuah koneksi.

VPN adalah singkatan Virtual Private Network, yaitu sebuah solusi hemat biaya untuk membangun koneksi private melalui jaringan publik atau internet, virtual network berarti jaringan yang terjadi hanya bersifat virtual. Private yaitu jaringan yang terbentuk bersifat private dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan terenkripsi sehingga tetap rahasia meskipun melalui jaringan publik. Jika menggunakan VPN kita seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel. VPN menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP dan standar terbaru, Internet Protocol Security (biasa disingkat menjadi IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi.

vpn

Cara kerja VPN (dengan protokol PPTP) adalah sebagai berikut:

  • VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC, Server VPN ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router.
  • Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.
  • Selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atau LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, ngeprint dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.

Apakah Fungsinya VPN?
Teknologi VPN menyediakan tiga fungsi utama untuk penggunanya. Fungsi utama tersebut adalah sebagai berikut:

1. Confidentiality (Kerahasiaan)
Teknologi VPN memiliki sistem kerja mengenkripsi semua data yang lewat melaluinya. Dengan adanya teknologi enkripsi ini, maka kerahasiaan Anda menjadi lebih terjaga. Biarpun ada pihak yang dapat menyadap data Anda yang lalu-lalang, namun belum tentu mereka bisa membacanya dengan mudah karena memang sudah diacak. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidak ada satupun orang yang dapat mengakses dan membaca isi jaringan data Anda dengan mudah.

2. Data Integrity (Keutuhan Data)
Ketika melewati jaringan Internet, data Anda sebenarnya sudah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Di tengah perjalanannya, apapun bisa terjadi terhadap isinya. Baik itu hilang, rusak, bahkan dimanipulasi isinya oleh orang-orang iseng. VPN memiliki teknologi yang dapat menjaga keutuhan data yang Anda kirim agar sampai ke tujuannya tanpa cacat, hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang lain.

3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber)
Teknologi VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi source datanya. Kemudian alamat source data ini akan disetujui jika proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima oleh Anda berasal dari sumber yang semestinya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirimkan oleh pihak-pihak lain.

Mengapa pakai OpenVPN dan apa keuntungannya.? Tentu ada beberapa maanfaat yang bisa kita dapatkan jika koneksi kita menggunakan OpenVPN, tapi secara simplenya beberapa keuntungan jika kita menggunakan OpenVPN yaitu :

  1. Anonymous surfing .Anda menjelajah internet tanpa terlacak IP aseli Anda, karena IP kita akan terdeteksi IP lain (anonymous) sesuai dengan IP server VPN yang dipakai. Jadi kita online aman dari hacker.
  2. Keamanan informasi yang Anda terima atau kirim melalui internet dengan enkripsi standar VPN 128 bit /1024 bit.
  3. Dapat mengakses apapun itu situs-situs yang diblokir. Sekarang undang-undang IT semakin ketat saja, akibatnya banyak situs-situs lokal ataupun internasional yang kena blokir. Nah solusinya Anda bisa menggunakan OpenVPN ini untuk tetap dapat mengakses/unblock situs-situs tersebut.
  4. Menjaga keamanan username dan password kita saat login ke website-website financial dari sniffers.
  5. Dan masih banyak lagi…

Selain keuntungan di atas, yang lebih populer lagi di kalangan masyarakat pada saat ini yaitu OpenVPN dimaanfatkan untuk bisa menikmati Akses Internet Gratis. Kenapa bisa gratis.? panjang ceritanya.. hehe. Yang jelas, arti gratis di sini Anda tidak perlu lagi membutuhkan pulsa ataupun langganan bulanan untuk menikmati akses internet. Karena biasanya dengan pulsa 0 pun jika sudah digandeng dengan VPN pasti bisa jalan dan Anda tetap bisa browsing. Dan untuk provider yang biasa digunakan yaitu hampir semua provider di Indonesia ini bisa di VPN. Untuk GSM biasanya Telkomsel (Simpati dan As), Indosat (Im3 dan Mentari), XL, Three, Axis. Sedangkan untuk CDMA biasanya Smart, Fren, Esia, AHA, dan Flexi. Untuk kecepatannya sendiri tergantung dari sinyal dan padat tidaknya trafik BTS yang tercover di daerah Anda. HSDPA dan EVDO adalah minimal jaringan yang harus didapatkan untuk mendapatkan koneksi lebih cepat, walaupun untuk EDGE, GPRS, atau CDMA1x sekalipun juga bisa. Mungkin modem Anda bisa ditambah External Antenna untuk mendapatkannya jika tanpa antena tidak dapat jaringan tersebut.

Untuk menggunakan VPN, sangat mudah dan simple. Yang Anda perlukan hanya menginstall software OpenVPN client di PC atau laptop (dapatkan gratis di openvpn.net), dan memasukkan file konfigurasi VPN client yang bisa Anda dapatkan dari si penjual VPN ini dan juga username password untuk login ke server VPN.

Download mirror : http://openvpn.net/index.php/download.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 44,903 hits

My FB

%d blogger menyukai ini: