teknisi jaringan komputer

Beranda » Oracle » Cara Backup dalam Mode ARCHIVELOG

Cara Backup dalam Mode ARCHIVELOG

Mode ARCHIVELOG ini bukan merupakaan mode default dari Oracle. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa mode kerja database ini sangat dipengaruhi oleh cara pemakaian dan cara penyimpanan file redo lognya. File redo log ini mencatat setiap perubahan pada database.
Perubahan ini biasanya terjadi jika dilakukan proses insert, update, delete, create, alter atau proses drop terhadap database yang bersangkutan.
File redo log ini berisi:
§ Before image, yaitu data-data sebelum dilakukan perubahan, dan
§ After image, yaitu data-data sesudah dilakukan perubahan.
Dan setiap database minimal memiliki dua file redo log. File redo log ini ada dua macam, yaitu:
§ Redo log on line, dan
§ Redo log offline (archive redo log), yaitu file redo log yang tidak dipergunakan saat instance berjalan, tetapi dipakai saat recovery database.

Redo log Offline ini diperoleh dengan cara memindahkan file redo log on line yang telah penuh ke file lain pada media offline. File ini hanya dapat diperoleh bila database berada pada mode ARCHIVELOG. Karena pada mode ini proses archive file redo log (pemindahan redo log online ke redo log offline) yang sudah penuh dapat dilakukan secara otomatis (setelah penuh langsung di-archive) ataupun secara
manual (file redo log yang penuh di-archive sendiri oleh DBA). Agar lebih mudah sebaiknya gunakan ARCHIVE secara otomatis.
Di samping mode ARCHIVELOG juga terdapat mode NOARCHIVELOG, di mana pada mode ini file redo log online yang sudah penuh langsung dipakai lagi tanpa disalinkan ke file redo log offline. Mode NOARCHIVELOG inilah yang merupakaan mode default.

Jika database yang akan Anda backup dijalankan dalam mode ARCHIEVELOG, maka kotak dialog Backup Manager tampak seperti gambar.
Jika Anda perhatikan dalam kotak dialog gambar tersebut, Anda akan melihat ada beberapa bagian yang harus Anda ketahui terlebih dulu.

  • Database Status, mengidentifikasikan status database.
  • Offline – Full Database. Jika bagian ini dipilih maka akan dilakukan shut down database dan mendukung backup database secara penuh (full). Jika database berjalan sebelum proses backup, Backup Manager memulai database lain untuk proses Full Backup.
  • Backup database secara Full yang akan mengindentifikasikan semua file data, semua file redo log, dan satu file salinan file kontrol.
  • Online-Selected Tablespace. Jika dipilih, maka proses backup akan memilih tablespace yang Anda tentukan.
  • Online-Control File only. Jika dipilih proses Backup hanya dilakukan pada satu salinan file kontrol.
  • Tape. Jika dipilih, file backup akan dimasukkan ke dalam sebuah tape.
  • Device, untuk mengidentifikasi peralatan Tape yang dimasuki backup.
  • Disk, Directory, dan Browse. Jika Anda pilih, file backup akan dimasukkan ke direktori yang Anda sebutkan dalam bagian Directory. Oracle memberi kesempatan pada ANda untuk memasukkan path secara lengkap di bagian ini. Anda dapat menggunakan tombol Browse untuk memilih path yang akan dimasuki file backup Anda.

Cara mem-back up database dalam mode ARCHIVELOG :

  1. Buka Backup Manager dengan klik dua kali tombol ikonnya. Tak lama kemudian kotak dialog akan tampak di layar Anda.
  2. Jika tampilan masukan password database muncul, masukkan password database Anda, dan jika sudah klik tombol OK.
  3. Pilih pilihan Offline Full Database, Online Selected Tablespace, atau Online Control File only, sesuai dengan backup yang Anda inginkan.
  4. Pilih tipe sarana backup Tape atau Disk sesuai dengan yang Anda kehendaki.
  5. Jika ANda pilih Disk dalam langkah sebelumnya, tentukan juga path-nya dengan menggunakan tombol Browse, atau dengan mengetikkan path-nya pada bagian kotak isian Directory.
  6. Pilih tombol Backup untuk memulai proses backup. Jika Anda memilih Offline Full Database, database secara otomatis shutdown dengan proses backup. Kotak dialog Backup Status muncul dengan tampilan seusai proses backup yang sedang berjalan.
  7. Setelah proses backup selesai, database secara otomatis di restart.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 44,903 hits

My FB

%d blogger menyukai ini: