teknisi jaringan komputer

Beranda » Computer Security » Penggunaan Wireless Lebih Rentan Disadap Daripada Switch

Penggunaan Wireless Lebih Rentan Disadap Daripada Switch

Di jaringan kabel, semua alat-alat yang ada dalam jaringan itu tersambungnya menggunakan kabel. Kabelnya ini nanti menyambung ke alat yang namanya switch. Kabelnya menyambungkan komputer-komputer ke switch, lalu biasanya ada satu kabel yang menyambungkan switch dengan router (di jaringan yang bisa konek ke Internet pasti ada). Di jaringan yang model berkabel, semua data dikirim melewati kabel. Berhubung semua kabelnya menyambung ke switch, otomatis semua datanya bakal sampai ke switch dulu sebelum dikirim ke komputer tujuan. Nah, waktu datanya ada di switch ini nanti switch mengecek datanya mau dikirim ke komputer yang mana. Nanti switch bakal meneruskan datanya ke komputer tujuan lewat kabel yang menyambung langsung ke komputer itu, jadi komputer-komputer lain tidak bakalan bisa mendapatkan data yang diteruskan ke komputer itu karena datanya tidak melewati kabel mereka.

Untuk jaringan wireless, data dikirim lewat sinyal yang dibroadcast di area hotspot. Datanya dikirim ke semua arah sejauh sinyal hotspotnya masih bisa terjangkau, artinya datanya bisa diterima di mana saja selama masih dalam area hotspot. Berhubung semua datanya dibroadcast, otomatis semua alat-alat yang terhubung ke jaringannya bisa menerima data yang tidak seharusnya dia terima selama alatnya masih terhubung ke jaringan.

Walau pun untuk jaringan wireless sekarang ini kebanyakan sudah diamankan pakai enkripsi. Tapi berhubung datanya masih dibroadcast, maka masih ada saja kemungkinan data itu bisa diambil sama orang lain.

Itulah Kenapa jaringan wireless lebih rentan jika dibandingkan dengan jaringan yang pakai kabel. Sekalipun Jaringan berkabel juga masih bisa disadap. Tapi paling tidak kalau dilihat dari cara mengalirkan datanya, jaringan berkabel masih lebih aman dibanding jaringan wireless.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 44,903 hits

My FB

%d blogger menyukai ini: